Jus Lobak untuk mengobati / meluruhkan batu Ginjal

Jus Lobak untuk mengobati / meluruhkan batu Ginjal. Lobak (nama latin :Raphanus sativus var. hortensis) merupakan tumbuhan umbi serupa dengan wortel namun dengan warna dan ukuran yang berbeda.  

Lobak dikenal sebagai tanaman yang berasal China, padahal sebenarnya, tanaman ini sudah di budidayakan didataran Mediterania 2000 tahun sebelum masehi (SM) dan baru dibudidayakan di China sekitar 500 tahun SM. Yang paling di anyak di manfaatkan dari lobak adalah umbinya. Meski terkadang tunasnya yang di kenal dengan istilah Radish sprouts juga sering di manfaatkan sebagai hidangan pembuka. 

Umbi lobak terbentuk dari akar tunggang yang membesar dan menjadi tempat penyimpanan persediaan makanan. Umbi lobak berwarna putih, tapi ada juga yang merah dan hitam, semua tergantung pigmen yang di kandungnya. Loak putih Cocok untuk di tanam didataran tinggi  (200-700 mdpl) atau daerah pegunungan bermusim dingin. Lobakberkembang iak dari biji. Biji lobak mengandung proteoglycan yang berpedan dalam pembentukan kolagen. Sementara umbinya banyak mengandung zat asam seperti alil isotiosianat, asam pektat, glakturonat, fitin dan pelargonidin yang berfungsi sebagai pelarut.


Karena kandungan asam yang dimilikinya, seorang peneliti dari Fakultas Farmasi UI melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa sari lobak mempunyai kemampuan untuk melarutkan batu ginjal. Hasilnya, sungguh menganggumkan. Ternyata sari lobak /jus lobak sangat efektif melarutkan batu ginjal kalsium. Karena itu banyak anjuran bagi para penderita batu ginjal, agar melakukan terapi jus lobak untuk meluruhkan penyakit batu ginjal yang di deritanya.

Berikut ini resep Jus Lobak putih untuk meluruhkan batu Ginjal (Herbalis: Lina Mardiana)

Bahan: 
  • 1 umbi lobak putih
  • 200 ml air

Cara membuat jus lobak putih peluruh batu ginjal

1. Cuci bersih lobak putih, potong dadu, lalu masukan dalam blender.
2. Tambahkan 200 ml air putih (dingin, dan sudah di rebus), lalu blender sampai lembut.
3. Minum jus lobak sekaligus ampasnya jika tidak sanggup, saring ampasnya dan minum sarinya saja.
4. Minum segelas sesudah makan sehari sekali sampai batu ginjal luruh.

NB: Jus harus segera di minum setelah selesai di blender, kalau di biarkan terdedah terlalu lama, kandungan asam dan vitamin dalam jus bisa menguap dan rusak.

Tambahkan Komentar Sembunyikan