Jus Buah menyegarkan, tapi tidak semua menyehatkan.

Jus Buah menyegarkan, tapi tidak semua menyehatkan. Mungkin Anda sering mendengarkan iklan di Tv atau media cetak atau medsos yang mempromosikan Jus Buah dalam berbagai merek dan variasi. Baik yang berbentuk esktrak ataupun yang dalam kemasan. baik yang langsung minum maupaun yang harus di seduh dahulu.

Banyak orang menjadikan jus buah sebagai minuman favorit. Mungkin karena aromanya yang menggungah selera dan rasanya yang segar. Serta kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Maklum, selama ini buah identik dengan kandungan vitamin, mineral dan zat antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Hanya sedikit yang tahu, bahwa meski bahan mentahnya banyak mengandung vitamin dan mineral, dan menyegarkan, tapi tidak semua jus buah menyehatkan.

Pertama, karena Jus Buah memiliki kadar gula yang tinggi. Bahkan beberapa jus buah mengandung kalori yang tinggi. Kadar gula dan kadar kalori yang tinggi membuat jus buah menjadi tidak sehat. Karena kadar gula yang tinggi dapat memperberat kerja hati.

Seperti kita ketahui, bentuk gula yang terdapat dalam sari buah adalah fruktosa. satu-satunya organ tubuh yang bisa mengolah fruktosa dalam jumlah besar adalah hati. Kadar gula yang tinggi dalam darah akan memacu kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin akan mengikat gula dan membawanya ke hati. Hati akan merubah gula menjadi lemak dan di simpan sebagai cadangan energi. Penumpukan lemak dalam tubuh akan menyebabkan obesitas. Obesitas akan mengarah pada resistensi insulin dan berakhir dengan diabetes. Semua karena konsumsi jus buah yang tidak sehat.


Jadi jangan di pikir, karena segar dan kaya vitamin, lalu jus buah dapat di konsumsi setiap saat. Tidak! Anda harus memikirkna kadar gulanya. Iya kalau jus buahnya murni jus buah, tanpa ada penambahan pemanis buatan. Jus buah yang di jual di pasaran dan sering mengadakan promo besar-besaran di media bukanlah jus buah asli, tapi jus buah yang telah di tambahkan air dan pemanis buatan. Dan itu jelas tidak menyehatkan. Karena jus buah sendiri sudah manis, di tambah lagi pemanis. Bayangkan, berapa tinggi tingkat kemanisannya? Dan bagaimana dampaknya terhadap kadar gula darah anda? 

Agar jus buah sehat untuk di konsumsi, syaratnya sangat mudah:
  1. Buat sendiri jus buah yang akan minum.
  2. Pilih buah-buahnan yang segar, bebas penyakit
  3. Jangan tambahkan pemanis buatan atau gula, jika ingin menambah citarasa bisa di tambahkan madu, daun mint, rempah-rempah, dll
  4. Jangan biarkan jus buah tersimpan lama di udara terbuka, karena vitamin didalamnya akan teroksidasi. 

Tambahkan Komentar Sembunyikan