Juice Maker | Alat pembuat Juss | Juicer | Juice Extractor

Juice Maker atau Alat pembuat Juss atau Juice Extractor. Alat pembuat Jus biasa di sebut dengan istilah Juicer.  Jus asli di buat dari hasil perasan buah segar tanpa ada penambahan air ataupun pemanis seperti gula atau susu. Jus asli dibuat dengan cara mengekstrak cairan buah dengan menggunakan sebuah alat yang di sebut Juice Extractor.

Juice Extractor atau Jus Ekstraktor adalah mesin yang di gunakan untuk memisahkan sari buah /jus secara mekanis dari serat kasarnya. Ampas yang telah kehilangan sari buah nya biasanya di buang begitu saja atau di manfaatkan sebagai pupuk atau makanan ternak atau bahkan ada yang di manfaat untuk bahan tambahan makanan manusia. 



Kebanyakan alat ekstraksi sari buah bersifat elektrik, tapi ada juga yang manual. Semua tergantung kemampuan finasial untuk membelinya. Biasanya, jus ektraktor yang manual lebih murah dari pada yang elektrik. 

Berdasarkan prinsip kerjanya, 3 tipe jus ekstraktor, yaitu:
  1. Centrifugal Juicer, yaitu alat pembuat jus yang terdiri dari pisau untuk menghancurkan buah dan sebuah saringan untuk menyaringnya
  2. Mascticating Juicer, yaitu alat pembuat jus yang terdiri dari sebuah gear untuk mencacah buah dan alat kompresi untuk memeras sari buah.
  3. Triturating juicer, yaitu alat pembuat jus yang terdiri dari dua buah gear untuk menghancurkan buah dan alat kompresi untuk memeras sari buah


Dari ketiga alat tersebut yang paling efisien adalah Triturating Juicer. Karena juicer ini bisa di gunakan untuk berbagai jenis buah dan daun-daunan dan sari buah yang di hasilkan kebih banyak, karena hasil perasannya sangat bagus sehingga ampas yang di hasilkan kering.

Tambahkan Komentar Sembunyikan